Ternyata tidak semua siswa merasa bosan atau malas ketika mereka belajar Bahasa Indonesia khususnya materi cerita rakyat. Buktinya, ketika saya mengadakan penelitian skripsi di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Selama lebih kurang dua minggu penelitian, secara umum siswa tidak protes terhadap materi yang saya hadirkan Alasannya karena menurut mereka materi ini memang jarang disinggung di sekolah. Salah satu cara yang bisa kita gunakan agar siswa merasa nyaman ketika belajar cerita rakyat adalah penggunaan metode pengajaran yang tepat. Metode membaca sudah kadaluarsa, malah tidak jarang mereka protes ketika guru menyuruhnya untuk mengunjungi perpustakaan.
Kesalahan sepenuhnya tidak mutlak karena siswa. Kita harus menginstrospeksi diri dahulu, apakah cara mengajar atau materi yang kita sampaikan sudah menarik bagi mereka. Untuk itu gunakanlah media pembelajaran yang sesuai. Misalnya dengan menggunakan kaset rekaman cerita rakyat yang bisa kita dapatkan di toko buku. Begitu juga kondisi kelas yang sesuai. Sekali-kali siswa kita bawa siswa untuk ke ruang bahasa untuk kegiatan pembelajaran cerita rakyat, sehingga tidak selali kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas. Dalam seni mengajar, kita sebagai guru maupun calon guru juga harus memahami kondisi psikologis siswa agar apa yang kita berikan kepada siswa tidak sia-sia.
Kesalahan sepenuhnya tidak mutlak karena siswa. Kita harus menginstrospeksi diri dahulu, apakah cara mengajar atau materi yang kita sampaikan sudah menarik bagi mereka. Untuk itu gunakanlah media pembelajaran yang sesuai. Misalnya dengan menggunakan kaset rekaman cerita rakyat yang bisa kita dapatkan di toko buku. Begitu juga kondisi kelas yang sesuai. Sekali-kali siswa kita bawa siswa untuk ke ruang bahasa untuk kegiatan pembelajaran cerita rakyat, sehingga tidak selali kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas. Dalam seni mengajar, kita sebagai guru maupun calon guru juga harus memahami kondisi psikologis siswa agar apa yang kita berikan kepada siswa tidak sia-sia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar